Berita Unik - Batu Opal Terbaik Di Dunia Seharga Rp 8,9 Miliar


Berita Unik - Opal terbaik di dunia yang belum melalui proses pemotongan, Fire of Australia, dipamerkan untuk pertama kali sejak ditemukan lebih dari 60 tahun lalu. Bernilai lebih dari US$ 675 ribu atau sekitar Rp 8,9 miliar, batu berbobot 998 gram itu disebut sebagai opal berkualitas tinggi dan terbesar yang ada di dunia. Fire of Australia berukuran seperti softball dan menunjukkan semua warna spektrum, kata direktur South Australian Museum, Brian Oldman.

Opal tersebut unik karena kualitasnya tinggi dan ukurannya yang besar. Batu itu memancarkan banyak warna merah, yang merupakan salah satu tanda opal yang sangat berharga. Batu tersebut pertama kali ditemukan pada 1946 oleh penambang Walter Bartram di ladang opal Eight Mile, Coober Pedy. Wilayah tersebut merupakan kota padang pasir di Australia Selatan yang terkenal akan opalnya.

Menyadari keunikan potongan opal tersebut, keluarga Bartram yang memiliki bisnis pertambangan dan distribusi opal pun menyimpannya. Kelaurga Bartram memoles dua sisi Fire of Australia, karena mereka meyadari bahwa itu adalah penemuan signifikan dan ingin menunjukkan kualitas opal. Biasanya sepotong besar opal tidak dipoles sama sekali.



Sebaliknya, benda itu dipotong menjadi perhiasan dan kemudian baru dipoles. Selama 60 tahun, batu mulia tersebut masih disimpan oleh keluarga Bartram. Namun setelah meminjamkannnya untuk South Australian Museum untuk pameran, anak Walter Bartram, Alan mengatakn bahwa keluarganya memutuskan untuk menempatkan benda berharga itu di tangan yang aman.

Kami merupakan pendukung South Australian Museum sejak lama dan tampaknya tepat bahwa benda tersebut diberikan kepada rakyat Australia Selatan untuk dinikmati. South Australian Museum membeli opal tersebut dengan dana hibah dari Pemerintah Australia. Fire of Australia akan dipajang hingga 28 Februari, sebelum disimpan secara permanen di koleksi opal milik museum.

Namun, Fire of Australia bukan merupakan opal paling berharga hingga kini pernah ditemukan. Opal terbesar dan paling berharga adalah Olympic Australis. Batu seberat 3,45 kilogram dan 17.000 karat itu diperkirakan bernilai sekitar US$1,9 juta atau sekitar Rp 25,3 miliar. Batu tersebut dibeli oleh pembuat perhiasan Altmann Cherny pada 1956. Menurut Fiona Altmann, sejak saat itu Olympic Australis dipajang di showroom mereka di Sydney, Australia.

Namun dalam kategori opal yang telah dipoles, Virgin Rainbow yang juga dimiliki South Australian Museum adalah opal paling mahal berdasarkan harga per gramnya, yakni US$ 750.000 atau sekitar Rp. 9,9 miliar.

Berita Unik lainnya : 8 Hewan pernah memakan jasad, bahkan majikannya sendiri





0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.