Berita Unik Saat Bung Karno Pulang Haji Dari Negeri Arab Saudi


Berita Unik - Banyak kisah menarik soal Presiden Soekarno. Kali ini saat Soekarno pergi menuaikan ibadah haji ke Tanah Suci tahun 1955. Soekarno disambut sebagai tamu kehormatan kerajaan Saudi. Dia menjalankan semua rangkaian ibadah haji ditemani keluarga kerajaan. Nah, menurut Soekarno, ada kebiasaan yang berlaku jika barang yang dikenakan di padang pasir selama satu minggu, menjadi milik yang mengenakannya.

Hal ini pun dia rasakan. "Ketika aku akan kembali ke tanah air, Raja Arab Saudi mengatakan, 'Presiden Soekarno, mobil Chrysler Crown Imperial ini telah anda pakai selama berada disini. Dan sekarang saya menyerahkannya kepada anda sebagai hadiah, "kata Soekarno menirukan ucapan Raja Saudi. Kisah itu ditulis dalam buku Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis Cindy Adams.



Tentu Soekarno sangat gembira dengan pemberian tersebut. "Sudah tentu aku tidak akan menentang kebiasaan itu. Selain itu, aku sudah tertarik pada Chrysler ini sejak pertama kali melihatnya," kata Soekarno. Ironisnya, mobil hadiah Raja Saudi itu pula yang kelak rusak digranat anggota Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DII/TII) anak buah Kartosoewirdjo.

Peristiwa itu dikenal dengan nama peristiwa Cikini. Percobaan pembunuhan terhadap Soekarno tersebut gagal. "Dan apakah kejahatanku? mengapa mereka mencoba membunuh Soekarno? mereka menyatakan aku seorang muslim yang buruk. Cukup aneh, mobil yang mereka hancurkan dalam peristiwa Cikini itu adalah milikku yang kuperoleh karena aku dinilai sebagai seorang muslim yang baik," kata Soekarno.



Itulah berita tentang Presiden pertama negara Republik Indonesia Soekarno yang mendapatkan hadiah mobil mewah dari raja Saudi. Tetapi suatu tragedi telah membuat pemberian mobil tersebut hancur dan tak berbentuk. Untuk berita selanjutnya tentu tidak kalah menariknya, bisa anda klik pada tulisan ini Berita Unik.



0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.