Berita Unik - Helm Seharga Rp 5,3 Miliar Untuk Pilot Pesawat Tempur, Seperti Apa?


Peristiwa - Generasi mendatang pesawat-pesawat jet tempur Australia sudah pasti memiliki harga yang tak murah, pemerintah federal pun harus bersiap membelanjakan 24 miliar dolar Australia (Rp 240 triliun) agar 72 pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat siap berdinas pada 2020.

Termasuk di dalam harga yang selangit itu adalah 72 helm dengan rancangan khusus. Tidak tanggung-tanggung, satu helm berharga 533 ribu dolar Australia (Rp 5,3 miliar). Will 'D-Rail' Andreotta, komandan Tim Tempur Heritage F-35A Lightning II, mengatakan bahwa helm-helm itu belum pernah ada yang menyamainya.

Katanya kepada Business Insider, "Itulah satu-satunya ketika helmnya dibuat bersama-sama dengan pesawatnya. "Kami memimiliki begitu banyak sistem dan sensor pada pesawat, sehingga waktu pembuatan F-35 mereka juga memikirkan bagaimana helmnya bisa membantu."


Benda seberat 2 kilogram itu dilengkapi dengan Helmet Mounted Display Systems (HMDS), yang mampu menampilkan sejumlah metrik pada layar pandangan. Andreotta menjelaskan bahwa tampilan kecepatan terbang, infomasi sasaran, ketinggian dan peringatan ancaman memberikan kewaspadaan situasi yang amat berharga bagi pilot.

"Ada 6 kamera di sekujur pesawat yang disebut DAS, dan dengan satu tombol pada helm, saya mendapatkan pandangan 360 derajat di penglihatan saya. "Bisa diumpamakan seperti pesawat tembus pandang milik Wonder Woman, begitulah kemampuan yang dimiliki oleh pesawat terbang ini berkat adanya HMDS." Jika diperlukan, seorang pilot bisa melihat di antara dua pahanya dan melihat 'menembus' pesawat. Begitulah hebatnya pesawat ini."





0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.