Manchester United Juara Liga Europa, Bagaimana Jatah Wakil Inggris Di Eropa?


Berita Bola - Manchester United (MU) memastikan diri sebagai juara Liga Europa 2016-2017 setelah mengalahkan Ajax Amsterdam, di Friends Arena, Rabu atau Kamis (25/5/2017) dini hari WIB. Hasil ini membuat Manchester United berhak tampil di ajang Liga Champions pada musim depan.

Lantas, bagaimana jatah klub-klub Premier League lainnya pada turnamen Eropa pada musim depan, termasuk Liga Europa? Sejatinya, ada beberapa cara bagi klub-klub Inggris untuk dapat ikut serta di ajang Liga Champions atau Liga Europa Agen Bola Sbobet.

Hal ini berdasar dari peraturan UEFA terhadap setiap kompetisi utama negara-negara yang menjadi anggotanya, termasuk Premier League. Berikut ini penjelasannya:

Posisi klasemen: Juara Premier League bersama peringkat kedua dan ketiga akan lolos ke putaran final Liga Champions, sementara klub yang menghuni peringkat keempat akan lebih dulu melakoni laga play-off. Sementara itu, peringkat kelima akan lolos ke putaran final Liga Europa.

Juara Liga Champions: Setiap juara Liga Champions dipastikan akan langsung mendapatkan tempat pada putaran final Liga Champions musim berikutnya.

Juara Liga Europa: Setiap klub yang menjuarai Liga Europa akan lolos ke Liga Champions, atau setidaknya berada di play-off turnamen tersebut.

Juara Piala FA: Juara Piala FA akan mendapat jatah tampil di ajang Liga Europa.

Juara Piala Liga Inggris: Bagi klub yang menjuarai Piala Liga Inggris berhak tampil pada putaran play-off ketiga Liga Europa pada musim berikutnya.

Final Piala FA musim ini akan mempertemukan Arsenal dan Chelsea. Normalnya, pemenang Piala FA akan mendapatkan jatah pada putaran final Liga Europa pada musim berikutnya.

Namun, karena Arsenal dan Chelsea telah memastikan tempat mereka di turnamen Eropa berdasar peringkat klasemen akhir Premier League, jatah dari Piala FA ini akan diberikan kepada klub yang menghuni peringkat keenam klasemen akhir.

Jatah tersebut sebenarnya menjadi milik Manchester United yang finis di posisi keenam. Manchester United juga sebelumnya telah menjuarai Piala Liga Inggris--yang artinya mereka memiliki jatah tampil pada pertandingan putaran ketiga play-off Liga Europa.

Jadi, berdasar aturan Premier League, jatah Manchester United pada putaran play-off Liga Europa tersebut akan "dihibahkan" ke Everton, yang menempati peringkat ketujuh klasemen akhir 2016-2017.

Tidak. Meskipun kemenangan atas Ajax Amsterdam membuat Manchester United lolos ke Liga Champions, bukan berarti jatah Setan Merah akan diberikan kepada klub yang menghuni peringkat kedelapan klasemen akhir Premier League 2016-2017.

Premier League hanya mendapat jatah tujuh klub yang berhak tampil di turnamen Eropa. Dengan demikian, detail pembagiannya adalah empat klub di ajang Liga Champions, dan tiga klub di Liga Europa, atau lima klub di ajang Liga Champions, dan dua klub pada Liga Europa.

Chelsea: Sebagai kampiun Premier League, Chelsea berhak ikut serta pada ajang Liga Champions musim depan. Chelsea akan berada di salah satu pot utama dalam pengundian fase grup Liga Champions.

Tottenham Hotspur: Berstatus sebagai runner-up, Tottenham Hotspur juga akan tampil pada putaran final Liga Champions.

Manchester City: Skuat asuhan Pep Guardiola finis di peringkat ketiga klasemen akhir Premier League 2016-2017. Dengan demikian, mereka juga berhak bermain di ajang Liga Champions, musim depan.

Liverpool: Ini adalah kali pertama Liverpool tampil di ajang Liga Champions setelah terakhir kali bermain dalam turnamen tersebut tiga tahun lalu. Namun, Liverpool harus lebih dulu melakoni pertandingan play-off untuk dapat memastikan satu tempat pada putaran final.

Arsenal: The Gunners untuk kali pertama gagal lolos ke Liga Champions sejak 21 tahun terakhir. Pada musim depan, Arsenal akan bermain pada putaran final Liga Europa.

Manchester United: Berdasar peringkat, Manchester United sejatinya mendapatkan jatah tampil pada ajang play-off Liga Europa. Namun, mereka dapat memilih apakah ingin tetap tampil dalam putaran final Liga Europa ("hibahan" dari jatah pemenang Piala FA), atau tampil pada fase grup Liga Champions karena memenangi Liga Europa musim ini.

Everton: The Toffess finis di peringkat ketujuh klasemen akhir Premier League 2016-2017. Namun, Everton dapat tampil pada play-off Liga Europa melalui jatah "hibahan" keberhasilan Manchester United meraih trofi Piala Liga Inggris pada musim ini.


Baca juga : Berita Bola (Manchester United Menjadi Juara Liga Europa 2016/2017)

 

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.